22 January 2016

Pengertian Spot Iklan Dan Menentukan Spot Iklan

Apa Itu Spot Iklan?

Adsense Heatmap lokasi terbaik untuk meletakan iklan adsense pada blog

Spot iklan adalah titik penempatan iklan di Website. Spot ini memang khusus digunakan untuk tempat iklan saja. Biasanya para pengiklan memiliki standar ukuran sendiri untuk iklan yang akan mereka pasang.
Para blogger banyak yang memasang iklan di blog untuk mendapatkan penghasilan. Tarif dari iklan yang dipasang di blog mereka bervariasi sesuai keinginan blogger.
Blog dengan jumlah pengunjung tinggi dan rating bagus biasanya menetapkan tarif yang mahal untuk iklan-iklan di blog mereka. Tarif ditetapkan perbulan dan harganya tetap meskipun blog mengalami kenaikan maupun penurunan rating.

Menentukan Spot Iklan

Untuk menentukan spot iklan haruslah cermat karena posisi iklan dapat mengganggu kenyamanan para pengunjung blog juga. Usahakan spot iklan dapat terlihat dengan jelas tanpa mengganggu pengunjung blog Anda.

1. Perhatikan Template Blog
Seperti yang Saya ungkapkan tadi bahwa penempatan spot iklan jangan sampai mengganggu tampilan blog Anda agar pengunjung merasa nyaman. Perhatikan juga template blog Anda agar bisa menyesuaikan dengan spot iklan tanpa merusak keindahan template. Biasanya beberapa template sudah menyediakan spot iklan otomatis.

2. Perhatikan Iklan Yang Dipasang
Pilih iklan yang sesuai dengan konten blog Anda sehingga jadi semakin menarik. Biasanya iklan yang sesuai dengan postingan berasal dari Google Adsense.

3. Tata Letak Iklan
Biasanya ada blog dengan iklan menutupi postingan dan harus ditutup terlebih dahulu. Hal ini membuat pengunjung jadi malas dan merasa tidak nyaman karena iklan tersebut. Jadi usahakan tidak memasang iklan pop-up di tampilan awal blog Anda. Letakkan di sidebar atau di bawah postingan blog Anda.

4. Perhatikan Kecepatan Loading Blog
Memasang iklan sebanyak mungkin memang menguntungkan. Tapi apa jadinya bila terlalu banyak iklan membuat loading blog Anda menjadi lemot? Pengunjung pasti malas dan lebih memilih blog lain yang loadingnya cepat. Semakin banyak iklan maka semakin berat juga loading blog tersebut.

Lokasi Spot Iklan Terbaik Menurut Google Adsense

Google Adsense memiliki beberapa spot iklan terbaik diantaranya sebagai berikut :

1. Diatas Artikel

Lokasi ini sangat baik dan terbukti mendapatkan jumlah klik paling tinggi dibandingkan lokasi lainnya. Lokasi ini akan mendapat perhatian pengunjung pertama kali saat pengunjung mulai membaca artikel blog. Hal ini memberikan peluang iklan tersebut diklik oleh pengunjung.

2. Ditengah Artikel

Lokasi tengah pada artikel kerap digunakan sebagai tempat iklan. Pembaca blog juga tidak merasa terganggu karena iklan masih dapat discroll dan tidak menutupi tulisan. Iklan yang menarik akan membuat pengunjung mengklik iklan tersebut.

3. Dibawah Postingan

Lokasi ini cukup strategis karena setelah membaca artikel sampai selesai maka pengunjung akan menemui iklan dibawah artikel tersebut. Dan apabila iklan tersebut memiliki penawaran menarik maka pengunjung tidak segan-segan mengklik iklan tersebut.

4. Di Sidebar

Sidebar selain menjadi tempat widget-widget blog bisa juga dimanfaatkan untuk spot iklan. Iklan yang berada di sidebar biasanya sangat potensial karena bisa menggunakan iklan berukuran besar.

Sedikit Info

Apabila beberapa hal diatas sudah Anda pikirkan. Maka Anda bisa memulai memasang spot iklan di blog Anda. Karena keempat hal diatas sangat mendukung kemajuan iklan dan blog Anda. Anda pasti sudah bisa memperkirakan spot iklan yang tepat untuk blog Anda.

Terima Kasih!
Apabila terdapat kesalahan silahkan memberi saran ataupun komentar.

Newer Post Older Post Home

0 komentar :

Post a Comment